TIM SATGAS COVID 19 SATPOL PP JAGA PINTU MASUK BALI DAN LOKASI KARANTINA


Sesuai Keputusan  Gubernur Bali Nomor 236/03-B/HK/2020 tentang Pembentukan  dan Susunan Keanggotaan Satuan Tugas Penanggulnag Corona Virus Desease (Covid-19) DI Provinsi Bali, Satuan Polisi Pamong Praja berada pada Satuan Tugas Klaster Pintu Masuk Indonesia. Yang mempunyai tugas anatra lain :  Deteksi di Kedatangan Internasional, Himbauan bagi Pelaku  Perjalanan Yang Masuk Wilayah Indoensia, Himbauan  bagi pelaku  Perjalanan ketika Melakukan Wawancara, Himbauan ketika Dinyatakan Kasus Suspek COVID-19 dan Himbauan Ketika Diperbolehkan  Masuk ke Wilayah Indonesia. Dari beberapa tugas tersebut dirinci secara detail sehingga memudahkan dalam melaksanakan tugas-tugas.
Sejak ditetapkan Status Siaga Penanggulangan Covid-19 oleh Gubernur Bali, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Bali memimpin langsung giat Pengawasan Pintu Masuk dengan melaksanakan pengawasan di beberapa pintu masuk Bali. Di samping itu juga melakukan tindakan edukasi kepada masyarakat dan dunia usaha. Pada awal kegiatan dilakukan giat bersama Bupati Jembrana  dilaksanakan penyemprotan disinfektan di pelabuhan Gilimanuk dan pemberiaan Hand Sanitizer pada arus kedatangan di Bali. Dilanjutkan pelaksanaan penyemprotan disinfektan di beberapa tempat objek pariwisata sebagai wujud kepedulian pada dunia pariwisata, diantaranya pintu pelabuahan tradisional Kabupatan  Klungkung menunju Nusa Penida dan Objek wisata Tanah Lot Kabupaten Tabanan. Upaya Pengawasan juga sudah dilakukan di Pintu Masuk Timur di Pelabuhan Padang Bai.
Giat Satpol PP dalam upaya penanggulangan Covid -19 yang sangat penting dilaksanakan saat ini melaksankan tugas deteksi kedatangan internasional. Satpol PP berperan aktif melaksanakan tugas di Bandara Internasional Ngurah Rai dalam rangka deteksi kedatangan internasional baik dari TKI/PMI dari Bali maupun orang asing yang kemungkinan terpapar Corona. Disamping itu Satpol PP juga bertugas menjaga tempat Karantina bagi TKI/PMI yang sedang menunggu proses Rapid Test yang ada di Bapelkes Jalan Gumitir, BPSDM Provinsi Bali Hayam Wuruk dan BLPP Sesetan. Giat ini sudah berlangsung sejak 22 Maret 2020 sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan. Dalam pelaksanaan  selama 24 jam penuh terbagi dalam 3 Shift dengan melibatkan seluruh jajaran Satpol PP. Dalam pelaksanaan tugas Kasat Pol.PP I Dewa Nyoman Rai Dharmadi  tidak segan segan turun langsung memberikan dukungan moral agar dalam melaksanakan tugas tetap semangat dan tetap menjaga kesehatan.