ROAD SHOW KEGIATAN BIMTEK PENINGKATAN KAPASITAS SUMBER DAYA APARATUR/MANUSIA POLISI PAMONG PRAJA BALI DI KABUPATEN KARANGASEM

,

Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Bali pada hari Senin tanggal 9 Maret 2020 mengadakan Bimtek Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur/Manusia di Kabupaten Karangasem yang bertempat di Ruang Rapat Dinas Kominfo Kabupaten Karangasem. Maksud Bimtek adalah dalam rangka meningkatkankan pengetahuan, ketrampilan dan perilaku kerja anggota Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Karangasem dengan  tujuan agar dapat menjalankan  tugas secara  profesional dan berperan secara optimal dalam penerapan Standar  Pelayanan  Minimal (SPM) kepada seluruh warga Negara di Provinsi Bali umumnya dan Kabupaten Karangasem pada khususnya.
                Peserta Bimtek khusus dari anggota Satuan Polisi Pamong Praja Karangasem berjumlah 30 orang.  Adapun Narasumber dari Direktorat Sabhara Polda Bali, Karo SDM Polda Bali, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Prov. Bali dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kab. Karangasem. Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Karangasem dalam sambutanya merasa senang dengan adanya bimtek,  Kegiatan  ini adalah salah satu Inovasi yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Bali dalam upaya  mendukung  terwujudnya  Visi Gubernur Bali “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” melalui Pola Pembangunan  Semesta Berencana, dari sisi  mempersiapkan sumber daya yang unggul dalam rangka mendukung Keamanan Ketentraman Ketertiban serta memberikan Perlindungan kepada Masyarakat. Selanjutnya  disampaikan bahwa  secara kelembagaan, Bimtek ini diharapkan mampu memberikan kontribusi secara sifgnifikan terhadap peningkatan kinerja Satpol PP Karangasem khususnya dan Pemerintah Kabupaten Karangasem umumnya dan secara individu  dapat membantu anggota memperoleh  tambahan nilai dari aspek angka kredit. Diakhir sambutan Penjabat Sekda mengharap  Satpol PP Kabupaten Karangasem terus berinovasi, sejalan dengan perubahan Zaman,  terus menggali potensi-potensi  baru dan mencermai isu-isu strategis yang berdampak  terjadinya gangguan trantibum, menyiapkan SDM  yang responsive dan profesional serta terwujudnya pemahaman  keseragaman pola tindak, tidak berjalan secara parsial, terbangun  sinergitas, koordinasi dan komunikasi yang baik dari pusat sampai daerah.
Materi dari Kepala Satuan  Polisi Pamong Praja Provinsi Bali  terkait Isu Strategi dan Kebijakan Satuan Polisi Pamong Praja, Dari Ditsamapta Polda Bali    mengenai  Teori dan Praktek Penangan Unjuk Rasa  dan Kerusuhan Masa sehingga ada persamaan persepsi dan persamaan tindak dalam pelaksanaan tugas di lapangan. Materi ini sangat penting bagi anggota Pol PP sehingga tujuan dari Pol PP tercapai tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari. Di samping itu dari Biro SDM Polda Bali  mengenai Psikologis Penangan Unjuk Rasa dan Kerusuhan Massa. Sedangkan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Karangasem menyampaikan Materi  Sinergitas Penyelenggaraan Ketentraman dan Ketertiban Umum di Pintu Masuk Pelabuhan Padangbai.
Kegiatan Bimtek berjalan sangat menarik karena materi sangat berhubungan dengan tugas pokok fungsi Pol PP dan adanya interaksi yang aktif dari Narasumber dengan Peserta. Di akhir kegiatan peserta menyampaikan rasa suka cita karena merasa memperoleh wawasan baru untuk menyongsong tugas-tugas ke depan yang penuh dinamika dan tantangan. Kegiatan ini rencanya akan dilaksanakan ke seluruh Kabupaten/Kota Se-Bali (Budi)

Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.